Product was successfully added to your shopping cart.

Cinnamon dan Chromium untuk Diabetes


Source Image : www.bulgarianspices.com

Diabetes Mellitus adalah sindrom kronik berupa terganggunya metabolisme karbohidrat, protein dan lemak yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah, akibat kekurangan hormon insulin.

Gula, dalam bentuk glukosa, adalah sumber utama bahan bakar untuk sel-sel tubuh. Untuk masuk ke dalam sel, glukosa dalam darah membutuhkan peranan dari hormon insulin. Pada penderita diabetes tipe 2, yang terjadi adalah tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau sel-sel resisten terhadap efek insulin. Akibatnya, terjadi penumpukan glukosa dalam darah dan menyebabkan sel-sel kekurangan energi. Jika kadar glukosa yang tinggi dalam darah bertahan, dapat merusak mata, jantung, ginjal ataupun syaraf.

Cinnamon (kayu manis) adalah kulit kayu yang dikeringkan dari pohon dengan genus Cinnamomun. Berdasarkan penelitian beberapa tahun terakhir, ditemukan bahwa cinnamon dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh. Beberapa kandungan cinnamon yang diteliti dapat menurukan kadar gula dalam darah. Mekanisme kerja cinnamon dalam mengontrol gula darah adalah dengan cara meningkatkan sensitivitas reseptor insulin, menstimulasi pengambilan glukosa dan mengaktivasi reseptor insulin.

Ekstrak cinnamon tidak mempengaruhi reseptor insulin yang normal, sehingga tidak menyebabkan hipoglikemia. Sebaiknya cinnamon dikonsumsi dalam waktu 30-40 hari untuk mendapatkan efek penurunan kadar gula darah. Ekstrak cinnamon dapat dikonsumsi sebagai suplemen bagi penderita DM tipe 2 bersama dengan terapi obat hiperglikemik oral.

Chromium merupakan mineral penting yang berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak serta membantu sel-sel tubuh merespon insulin. Chromium berpotensi meningkatkan kerja insulin dalam membantu glukosa dalam darah masuk ke dalam sel. Konsumsi chromium dapat membantu memperbaiki tingkat gula darah.

Kombinasi ekstrak cinnamon dan chromium yang terdapat dalam Sinachol menjadikan Sinachol suplemen penunjang yang tepat untuk penderita diabetes. Selain itu, Sinachol juga dapat digunakan pada penderita obesitas dengan kadar kolesterol yang tinggi karena kandungan chromium dalam Sinachol dapat membantu metabolisme lemak dan kolesterol.

Related Product

[profiler]
Memory usage: real: 17301504, emalloc: 16877672
Code ProfilerTimeCntEmallocRealMem